Capaian Pembelajaran DKV Fase E
A. Capaian Umum
Pada akhir fase E (kelas X), peserta didik akan mendapatkan gambaran mengenai program keahlian Desain Komunikasi Visual yang dipilihnya, sehingga mampu menumbuhkan passion dan vision untuk merencanakan dan melaksanakan aktivitas belajar. Pada aspek soft skill peserta didik akan mampu menerapkan budaya kerja sesuai tuntutan pekerjaan, memahami konsep diri yang positif sesuai standar K3 dan 5R dalam desain komunikasi visual, mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah dan mencari solusi, konsisten menerapkan budaya kerja dalam berkesenian. Pada aspek hard skill peserta didik mampu memahami elemen- elemen kompetensi pada mata pelajaran Dasar-Dasar Desain Komunikasi Visual.
B. Capaian per Elemen & Tujuan Pembelajaran
1. Profil technopreneur, peluang usaha dan pekerjaan/profesi bidang Desain Komunikasi Visual
Pada akhir fase E peserta didik mampu memahami pekerjaan atau profesi dalam bidang Desain Komunikasi Visual, dan kewirausahaan di bidang ekonomi kreatif yang mampu membaca peluang pasar dan usaha, untuk membangun visi dan passion, serta melakukan pembelajaran berbasis projek nyata sebagai simulasi projek kewirausahaan.
Tujuan Pembelajaran :
a. Mampu memahami tentang pengertian, sikap dan profil technopreneur bidang desain komunikasi visual dengan menggunakan kata-kata sendiri
b. Mampu mendeskripsikan peluang pasar dan usaha, untuk membangun visi dan passion, serta melakukan pembelajaran berbasis projek nyata sebagai simulasi projek kewirausahaan.
2. Proses bisnis berbagai industri di bidang Desain Komunikasi Visual
Pada akhir fase E peserta didik mampu memahami manajemen produksi bidang Desain secara menyeluruh pada berbagai industri ekonomi kreatif lainnya, antara lain K3LH, kreativitas dalam proses kreasi dasar desain, dan menerapkannya dalam elemen dasar perancangan dan proses desain dan produksi dalam eksekusi kerja desain komunikasi visual secara mandiri.
Tujuan Pembelajaran :
a. Mampu memahami tentang K3LH dan Keselamatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH) di bidang Desain Komunikasi Visual
b. Mampu memahami Proses berpikir kreatif dalam mendesain produk desain komunikasi visual
c. Mampu memahami Lingkup bisnis industri desain komunikasi visual
d. Mampu memahami Proses Bisnis di bidang Desain Komunikasi Visual
3. Perkembangan teknologi di industri dan dunia kerja serta isu-isu global pada bidang Desain Komunikasi Visual
Pada akhir fase E peserta didik mampu memahami tentang perkembangan proses produksi industri Desain Komunikasi Visual mulai dari teknologi konvensional sampai dengan teknologi modern, Industri 4.0, Internet of Things, digital teknologi dalam dunia industri, isu pemanasan global, perubahan iklim, aspek-aspek ketenagakerjaan, Life Cycle produk industri sampai dengan reuse, recycling.
Tujuan Pembelajaran :
a. Mampu menjelaskan Desain Komunikasi Visual dalam Industri 4.0 dan society 5.0
b. Mampu menjelaskan Konsep Industri Hijau
4. Isu-isu global pada bidang Desain Komunikasi Visual
Pada akhir fase E peserta didik mampu memahami industri ekonomi kreatif mulai dari teknologi konvensional sampai dengan teknologi modern, Industri 4.0, Internet of Things, teknologi Digital dalam dunia industri, isu pemanasan global, perubahan iklim, aspek- aspek ketenagakerjaan, Life Cycle produk industri sampai dengan reuse, recycling produk.
Tujuan Pembelajaran :
a. Mampu menjelaskan perkembangan teknologi Desain Komunikasi Visual
b. Mampu menjelaskan Desain Komunikasi Visual dalam Industri 4.0 dan society 5.0
5. Teknik dasar proses produksi pada industri Desain Komunikasi Visual
Pada akhir fase E peserta didik mampu memahami kepribadian yang dibutuhkan peserta didik agar dapat mengembangkan pola pikir kreatif melalui praktek secara mandiri dengan berpikir kritis tentang seluruh proses produksi dan teknologi serta budaya kerja yang diaplikasikan dalam industri Desain Komunikasi Visual.
Tujuan Pembelajaran
a. Mampu menjelaskan Teknik dasar proses produksi pada industri Desain Komunikasi Visual
b. Mampu menjelaskan Alur Kerja proses produksi industri Desain Komunikasi Visual
6. Sketsa dan ilustrasi
Pada akhir fase E melalui kreativitas dan berpikir kritis, peserta didik mampu menjelaskan konsep dasar karya dengan sketsa dan ilustrasi, menyiapkan bahan peralatan sketsa, mewujudkan sketsa, menyempurnakan sketsa, dan membuat ilustrasi dalam perancangan dan proses produksi untuk dikembangkan dalam eksekusi kerja Desain Komunikasi Visual.
Tujuan Pemeblajaran :
a. Mampu menjelaskan Konsep dasar karya sketsa dan ilustrasi
b. Mampu menjelaskan Teknik gambar sketsa dan ilustrasi manual dan digital
7. Komposisi Typography
Pada akhir fase E peserta mampu memahami jenis, fungsi, karakter, anatomi, lingkup huruf dan dasar tipografi (hierarki, leading, tracking dan kerning) yang umum digunakan dalam desain dan menerapkannya dalam perancangan dan proses produksi dalam eksekusi kerja Desain Komunikasi Visual.
Tujuan Pembelajaran :
a. Mampu menjelaskan sejarah tipografi
b. Mampu menjelaskan tentang Dasar-dasar tipografi
c. Mampu menjelaskan tentang Dasar-dasar tipografi
d. Mampu menjelaskan tentang pemahaman dan penerapan jenis, fungsi, karakter, anatomi, dan lingkup huruf pada produk desain komunikasi visual.
8. Fotografi Dasar
Pada akhir fase E peserta didik mampu memahami jenis kamera, menentukan komposisi pemotretan dan mengatur pencahayaan, melakukan pemotretan, menyimpan data, dan melakukan pekerjaan akhir dalam editing pada fotografi serta menerapkannya dengan kreativitas dan disiplin dalam perancangan dan proses produksi dalam eksekusi kerja Desain Komunikasi Visual.
Tujuan Pembelajaran:
a. Mampu memahami sejarah fotografi
b. Mempu menjelaskan tentang konsep fotografi
c. Mempu memahami tentang peralatan fotografi
d. Mampu menjelaskan Teknik Dasar Fotografi indoor/outdoor
9. Komputer Grafis Dasar
Pada akhir fase E peserta didik memahami pengoperasian perangkat lunak desain dengan memilih jenis perangkat lunak dan menetapkan perangkat lunak berbasis bitmap dan vector serta menggunakannya dalam perancangan dan proses produksi dalam eksekusi kerja Desain Komunikasi Visual.
Tujuan Pembelajaran :
a. Mampu memahami tentang pengenalan komputer grafis
b. Mampu memahami tentang Pengoperasian perangkat lunak berbasis Bitmap dan Vector
c. Mampu merancang karya desain komunikasi visual dengan menggunakan komputer grafis sampai dengan pembuatan artwork siap produksi
C. Alur Tujuan Pembelajaran
Semester | Alur Tujuan Pembelajaran | Modul | JP | KET | |
I | 1 | Mampu memahami tentang pengertian, sikap dan profil technopreneur bidang desain komunikasi visual dengan menggunakan kata-kata sendiri | Modul 1
| 8 | TP 1
|
2 | Mampu mendeskripsikan peluang pasar dan usaha, untuk membangun visi dan passion, serta melakukan pembelajaran berbasis projek nyata sebagai simulasi projek kewirausahaan. | 8 | TP2 | ||
3 | Mampu memahami tentang K3LH dan Keselamatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH) di bidang Desain Komunikasi Visual | Modul 2
| 12 | TP3 | |
4 | Mampu memahami Proses berpikir kreatif dalam mendesain produk desain komunikasi visual | 12 | TP4 | ||
5 | Mampu memahami Lingkup bisnis industri desain komunikasi visual | 6 | TP5 | ||
6 | Mampu memahami Proses Bisnis di bidang Desain Komunikasi Visual | 6 | TP6 | ||
7 | Mampu menjelaskan perkembangan teknologi Desain Komunikasi Visual | Modul 3
| 6 | TP7 | |
8 | Mampu menjelaskan Desain Komunikasi Visual dalam Industri 4.0 dan society 5.0 | 6 | TP8 | ||
9 | Mampu menjelaskan Konsep Industri Hijau | 6 | TP9 | ||
10 | Mampu menjelaskan perkembangan teknologi Desain Komunikasi Visual | Modul 4 | 6 | TP10 | |
11 | Mampu menjelaskan Desain Komunikasi Visual dalam Industri 4.0 dan society 5.0 | 6 | |||
12 | Mampu menjelaskan Konsep Industri Hijau | 6 | |||
13 | Mampu menjelaskan Teknik dasar proses produksi pada industri Desain Komunikasi Visual | Modul 4 | 6 | TP11 | |
14 | Mampu menjelaskan Alur Kerja proses produksi industri Desain Komunikasi Visual | 6 | |||
15 | Mampu menjelaskan Konsep dasar karya sketsa dan ilustrasi | Modul 5
| 18 | TP12 | |
16 | Mampu menjelaskan Teknik gambar sketsa dan ilustrasi manual dan digital |
| 36 | TP13 | |
17 | Mampu menjelaskan sejarah tipografi | Modul 6
| 6 | TP14 | |
18 | Mampu menjelaskan tentang Dasar-dasar tipografi |
| 6 | TP15 | |
19 | Mampu menjelaskan tentang Dasar-dasar tipografi |
| 18 | TP16 | |
20 | Mampu menjelaskan tentang pemahaman dan penerapan jenis, fungsi, karakter, anatomi, dan lingkup huruf pada produk desain komunikasi visual. |
| 24 |
| |
JUMLAH | 216 JP | ||||
21 | Mampu memahami sejarah fotografi
| Modul 7
| 6 | TP18 | |
22 | Mempu menjelaskan tentang konsep fotografi
| 6 | TP19 | ||
23 | Mempu memahami tentang peralatan fotografi
| 12 | TP20 | ||
24 | Mampu menjelaskan Teknik dasar Fotografi indoor/outdoor
| 12 | TP21 | ||
25 | Mampu memami tentang komposisi Fotografi
| 36 | TP22 | ||
26 | Mampu memami tentang Editing Fotografi | 36 | TP23 | ||
27 | Mampu memahami tentang pengenalan komputer grafis
| Modul8
| 36 | TP24 | |
28 | Mampu memahami tentang Pengoperasian perangkat lunak berbasis Bitmap dan Vector
| 36 | TP25 | ||
29 | Mampu merancang karya desain komunikasi visual dengan menggunakan komputer grafis sampai dengan pembuatan artwork siap produksi | 36 | TP26 | ||
JUMLAH | 216 JP |
Posting Komentar